pusat informasi jaminan kesehatan indonesia
Username dan password tidak cocok
Email sudah terdaftar
* Untuk User Dokter
** Untuk User Faskes
*** Untuk User Peneliti

Anda tidak berhak masuk ke subforum ini

BERITA

BPJS PALEMBANG : Sistem Dropbox Jadi Andalan

16 May 2017 | comment(0)

PALEMBANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Utama Palembang membidik 600.000 peserta baru Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat dengan terus memperluas kanal pendaftaran.

Per 5 Mei 2017, BPJS Kesehatan Palembang telah menjaring 2.452.270 peserta JKN-KIS. Padahal, di Kota Palembang dan empat kabupaten di sekitarnya terdapat 3.001.384 jiwa yang harus terkover dengan asuransi kesehatan itu.

“Kami harus menggunakan berbagai macam kanal pendaftaran agar tercapai target 600.000 peserta baru hingga akhir 2017,” kata Kepala BPJS Kesehatan Palembang Diah Sofiawati dalam jumpa pers di Palembang, Senin (15/5).

Salah satu kanal yang akan diandalkan BPJS Kesehatan Palembang adalah sistem dropbox. Dengan mekanisme ini, calon peserta cukup mengisi formulir pendaftaran dan selanjutnya data diisi oleh petugas.

Peserta tinggal menunggu nomor akun virtual (VA) yang akan dikirimkan ke nomor telepon dan surat elektronik dalam waktu 1 x 24 jam. Lantas, kartu JKN-KIS akan dikirimkan ke alamat tujuh hari setelah iuran pertama dibayarkan.

Diah mengungkapkan sistem dropbox akan dibuka di kantor-kantor kecamatan Palembang dan 4 kabupaten sekitarnya. BPJS Kesehatan Palembang telah menyosialisasikan kanal baru itu dan tengah memproses pengiriman formulir isian peserta.

“Mudah-mudahan Juni ini sudah tersalurkan. Untuk di Palembang yang sudah siap itu di Kecamatan Kemuning dan Gandus,” ujarnya.

Di tiap kantor kecamatan, pegawai kecamatan akan menjadi petugas yang mengisi data calon peserta untuk kemudian disetorkan ke kantor cabang.

Untuk itu, Diah pun mewanti-wanti agar petugas kecamatan tidak mengenakan pungutan apapun kepada calon peserta.

Sistem dropbox melengkapi kanal pendaftaran melalui pihak ketiga yang sudah dirintis dengan Lippo Mall Palembang selaku mitra kerja perusahaan.

Saat ini, BPJS Kesehatan Palembang tengah menjajaki kerja sama serupa dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

Kemarin, BPJS Kesehatan secara serentak di seluruh Indonesia meluncurkan kanal pendaftaran JKN-KIS melalui telepon. Layanan ini diakses dengan cara menghubungi layanan panggilan 1500-400.

Kepala Unit Manajemen Kepesertaan BPJS Kesehatan Palembang Iwan menuturkan peluncuran kanal baru itu menindaklanjuti keluhan calon peserta yang tidak memiliki waktu untuk mengurus kartu JKN-KIS secara tatap muka. Umumnya mereka berasal dari segmen kelas menengah.

Iwan mengatakan skema pendaftaran via telepon akan dikenakan potongan pulsa. Menurut dia, tarif telepon setidaknya bisa mengompensasi biaya transportasi atau waktu yang akan dikeluarkan jika harus datang ke kantor cabang.


Print this page

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal, dan sumber

BPJS PALEMBANG : Sistem Dropbox Jadi Andalan

http://jkn.jamsosindonesia.com/blog/detail/2089/bpjs-palembang---sistem-dropbox-jadi-andalan

Copyright © 2018 Jamkesindonesia.