pusat informasi jaminan kesehatan indonesia
Username dan password tidak cocok
Email sudah terdaftar
* Untuk User Dokter
** Untuk User Faskes
*** Untuk User Peneliti

Anda tidak berhak masuk ke subforum ini

BERITA

Tak Punya NIK, Penghuni Liponsos Sulit dapat BPJS

25 July 2017 | comment(0)

SURABAYA - Upaya Pemkot Surabaya untuk menjaga kesehatan penghuni Liponsos menemui kendala. Pasalnya, para penghuni Liponsos belum memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Padahal, pemkot berencana mendaftarkan para penghuni Liponsos ke BPJS untuk jaminan kesehatan mereka. Masalahnya, para pasien yang ada di Liponsos rata-rata bukan berasal dari Surabaya.

"Pihak BPJS tidak bisa menerima para penghuni Liponsos karena mereka bukan warga Surabaya. Apalagi syarat untuk mendapat BPJS adalah warga harus memiliki nomor induk kependudukan (NIK)," ujarnya Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Supomo kepada Radar Surabaya, Senin (24/7).

Hal itu menjadi masalah serius pemkot. Pasalnya, sampai kapanpun para penghuni Liponsos tidak akan mendapatkan NIK. Sebab, mereka tidak tahu asal dan keluarganya. Jika tidak mendapatkan NIK, itu artinya mereka tidak akan pernah mendapatkan BPJS.

"Untuk itu, kita sudah berkirim surat ke Menteri Kesehatan, Menteri Sosial bahkan ke Pak Presiden. Kami ingin ada solusi agar para penghuni Liponsos bisa mendapat NIK. Sehingga bisa mendaftar BPJS. Mereka juga bagian dari negara, maka harus dapat pelayanan yang sama," ungkapnya.

Padahal pemkot rutin memeriksakan penghuni Liponsos ke rumah sakit. Mereka di cek kesehatan dan dirawat di rumah sakit yang ada di luar Jatim. Sebab, kuota rumah sakit yang ada di Jatim tak mencukupi untuk menampung penghuni Liponsos.

Karena itu, Dinsos melakukan kerjasama dengan rumah sakit jiwa yang ada di luar Jatim, seperti di Solo, Semarang dan Yogyakarta yang siap menampung. "Dalam satu hari, kita diberi kuota 25 pasien. Sementara total penghuni Liponsos mencapai 1.567 jiwa," lanjut Supomo.

Menurutnya, jika penghuni Liponsos tercover BPJS hal itu jelas akan mampu mengepras anggaran. Sehingga pemkot bisa mengalokasikan dana bagi penghuni Liponsos untuk kepentingan pembangunan kota.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan, saat ini pemkot sudah merawat 1.567 orang di Liponsos. Dari jumlah tersebut, hanya ada 16 warga asli Surabaya. "Sementara yang lainnya merupakan warga dari luar Surabaya," jelasnya.

 


Print this page

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal, dan sumber

Tak Punya NIK, Penghuni Liponsos Sulit dapat BPJS

http://jkn.jamsosindonesia.com/blog/detail/2194/tak-punya-nik--penghuni-liponsos-sulit-dapat-bpjs

Copyright © 2018 Jamkesindonesia.