pusat informasi jaminan kesehatan indonesia
Username dan password tidak cocok
Email sudah terdaftar
* Untuk User Dokter
** Untuk User Faskes
*** Untuk User Peneliti

Anda tidak berhak masuk ke subforum ini

BERITA

Support Papsmear Gratis Peserta BPJS Kesehatan

26 July 2017 | comment(0)

GENTENG - Dalam rangka HUT BPJS Kesehatan tahun 2017, Rumah Sakit Al Huda Genteng kembali support program BPJS Kesehatan. Yaitu memberikan pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan berupa pemeriksaan pap smear Gratis.

Manajer Rawat Jalan RS Al Huda Dr. Soegeng HP, MMRS menjelaskan pemeriksaan ini merupakan salah satu program promotif dan preventif bagi peserta BPJS Kesehatan yang dilaksanakan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, salah satunya adalah RS Al Huda. “Sinergisitas antara RSAH dengan BPJS Kesehatan dalam layanan papsmear gratis sebenarnya sudah lama, diawali bulan Juni 2014. Sampai dengan saat ini ratusan peserta telah berhasil dilayani oleh RSAH,” tambahnya.

“Pada kegiatan kali ini, support RSAH berbentuk sosialisasi program kepada peserta BPJS Kesehatan, pemeriksaan papsmear langsung di rumah sakit, serta menerima rujukan pemeriksaan preparat sampel dari puskesmas,” ujarnya. ”Dan, sampai saat ini peserta papsmear mandiri yang terdaftar di RSAH sebanyak 67 orang,” tutur Soegeng.

Dijelaskan Soegeng, tes Pap Smear merupakan test screening atau deteksi dini kanker serviks yang sangat penting untuk wanita. Terutama yang aktif melakukan hubungan seks dan sudah pernah melahirkan. “Screening bertujuan untuk mendeteksi secara dini perubahan-perubahan leher rahim sebelum adanya gejala kanker serviks. Sehingga pencegahan dan perawatan akan menjadi lebih efektif,” paparnya.

Dia menambahkan, kanker serviks memang salah satu momok bagi kaum wanita. Karena merupakan penyakit kanker kedua paling banyak diderita para wanita. Beberapa penelitian dan literatur menyebutkan di negara berkembang tingkat kematiannya mencapai angka 55,5% dari jumlah angka kematian wanita di dunia.

“Dengan melaksanakan pemeriksaan papsmear secara teratur akan dapat mengurangi risiko terkena kanker serviks. Sehingga pada akhirnya dapat menekan jumlah angka kematian yang diakibatkan kanker serviks,” ungkap Soegeng.

Namun, tak cuma soal papsmear secara rutin, tapi juga persiapan melakukannya harus benar agar hasilnya bisa optimal. “Papsmear sebaiknya dilakukan sekitar 5 hari setelah haid, atau 10-20 hari setelah hari pertama haid agar leher rahim bersih dari sisa-sisa darah haid. Dalam dua hari sebelum papsmear, sebaiknya menghindari membersihkan vagina dengan krim atau sabun, douching (penyemprotan obat atau larutan tertentu ke arah liang vagina), menggunakan tampon atau obat-obatan yang dimasukkan ke dalam vagina seperti jeli untuk KB serta menghindari hubungan intim suami-istri,” tegasnya.

Masih menurut Soegeng, program papsmear gratis bagi peserta BPJS Kesehatan di RS Al Huda berlaku hingga Desember 2017, dengan persyaratan yang sangat mudah. “Peserta cukup membawa kartu BPJS Kesehatan dan mengisi serta menandatangani formulir permohonan pemeriksaan papsmear (formulir disediakan di RS Al Huda), diperuntukkan bagi peserta BPJS Kesehatan wanita yang sudah menikah, tidak sedang hamil, tidak sedang menstruasi dan tidak sedang menyusui. Bagi peserta BPJS kesehatan yang masuk dalam kategori tersebut, bisa langsung datang ke RS Al Huda Genteng Jl. Raya Gambiran no 225 Genteng Banyuwangi atau menghubungi bagian Pelayanan Pasien di nomor (0333) 842033,” pungkasnya. (*/als)


Print this page

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal, dan sumber

Support Papsmear Gratis Peserta BPJS Kesehatan

http://jkn.jamsosindonesia.com/blog/detail/2196/support-papsmear-gratis-peserta-bpjs-kesehatan

Copyright © 2018 Jamkesindonesia.