pusat informasi jaminan kesehatan indonesia
Username dan password tidak cocok
Email sudah terdaftar
* Untuk User Dokter
** Untuk User Faskes
*** Untuk User Peneliti

Anda tidak berhak masuk ke subforum ini

BERITA

KEPESERTAAN MANDIRI : BPJS Kesehatan Kunjungi Rumah Ibadah

19 August 2017 | comment(0)

PEKANBARU – BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru berupaya meningkatkan kepesertaan mandiri badan tersebut dengan mengunjungi sejumlah rumah ibadah di wilayah tersebut.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pekanbaru Eddy Martadinata mengatakan kini pihaknya menyasar sosialisasi ke rumah ibadah.

"Salah satunya yang sudah jalan adalah ke gereja di Pekanbaru, lalu menyusul masjid besar dan ramai dikunjungi jemaah, kami tempatkan petugas di sana per lokasi dua orang," katanya kepada Bisnis, Jumat (18/8).

Saat ini kepesertaan BPJS Kesehatan sampai Juli 2017 sudah mencapai 1,7 juta dari target sampai akhir tahun sebanyak 2,2 juta peserta.

Untuk mengejar kepesertaan, sebelum ke rumah ibadah, pihaknya sudah lebih dulu menjalankan sosialisasi di tiga sisi, yaitu pertama menggandeng pihak kecamatan.

Sebanyak 12 kecamatan di Pekanbaru, kini memiliki drop box atau kotak pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan. Masyarakat bisa mendaftar dan petugas akan melakukan proses pendaftaran serta mengirimkan kartu setelah premi dibayar.

Selanjutnya, ujarnya, BPJS Kesehatan Pekanbaru menggandeng kepolisian dalam hal ini sosialisasi bersama di layanan SIM keliling. Masyarakat bisa mendaftar di layanan SIM yang berpindah-pindah tersebut.

Selain itu, BPJS Kesehatan Pekanbaru juga mengunjungi pasar-pasar tradisional. Sejumlah petugas sudah diberikan lokasi pasar untuk memberi informasi pendaftaran dan kepesertaan kepada masyarakat luas. "Dengan berbagai langkah ini kami yakin bisa mencapai target kepesertaan sampai akhir tahun ini," katanya.

Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik, dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru Saiban Sidauruk mengatakan pihaknya kini gencar mengajak fasilitas kesehatan untuk bekerja sama dalam memberi layanan kesehatan kepada peserta badan.

"Kami gunakan sistem jemput bola ke klinik dan faskes yang ingin bekerja sama agar pelayanan kesehatan bagi peserta semakin membaik," katanya.

Hingga saat ini jumlah mitra BPJS Kesehatan sudah mencapai 270 unit mulai dari klinik pratama, utama, hingga rumah sakit. Selain iut, khusus untuk rumah sakit, jumlah yang sudah bermitra di Cabang Pekanbaru yaitu sebanyak 40 unit.

Untuk meningkatkan pelayanan, sejak 3 bulan lalu BPJS Kesehatan Pekanbaru sudah meluncurkan program Aplicares. "Program ini merupakan aplikasi untuk memudahkan peserta mendapatkan informasi ketersediaan kamar di rumah sakit, saat ini yang sudah jalan yaitu di Kampar dan Rokan Hulu," katanya.

Kedepan, BPJS Kesehatan Pekanbaru menargetkan Aplicares berjalan di semua rumah sakit dan seluruh mitra, sehingga peserta menjadi lebih mudah mendapatkan info ketersediaan kamar rumah sakit.

Adapun BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru melayani peserta di wilayah Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Rokan Hulu. (Arif Gunawan)


Print this page

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal, dan sumber

KEPESERTAAN MANDIRI : BPJS Kesehatan Kunjungi Rumah Ibadah

http://jkn.jamsosindonesia.com/blog/detail/2220/kepesertaan-mandiri---bpjs-kesehatan-kunjungi-rumah-ibadah

Copyright © 2018 Jamkesindonesia.