pusat informasi jaminan kesehatan indonesia
Username dan password tidak cocok
Email sudah terdaftar
* Untuk User Dokter
** Untuk User Faskes
*** Untuk User Peneliti

Anda tidak berhak masuk ke subforum ini

BERITA

80 Juta Penduduk Belum Gabung BPJS Kesehatan, Mendagri Akui Ada Problem

05 September 2017 | comment(0)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menerima kedatangan Dirut BPJS Fahmi Idris dan jajaran di kantornya. Dalam pertemuan itu, Fahmi mengungkapkan data kasar BPJS menunjukkan bahwa 70 hingga 80 juta penduduk Indonesia belum memiliki jaminan kesehatan.

Mengingat pentingnya jaminan kesehatan sebagai penunjang hak dasar masyarakat, juga untuk mengantisipasi meningkatnya kemiskinan, ia mengatakan pemerintah perlu mendorong puluhan juta penduduk tersebut untuk segera bergabung dengan BPJS kesehatan.

"Per hari ini terdaftar di master file BPJS Kesehatan, 180,5 juta (peserta). Artinya kalau merujuk pada data BPS, tadi kami baru dapat data dari Pak Menteri, 261 juta (penduduk Indonesia), berarti ada sekitar kurang lebih 70-80 juta yang belum (memiliki jaminan kesehatan)," kata Fahmi usai audiensi di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Untuk mempercepat pendataan, 70-80 juta penduduk tersebut akan dimasukkan sebagai peserta jaminan kesehatan tidak aktif. Kemudian BPJS akan menindaklanjuti dengan bersurat dari rumah ke rumah.

Tjahjo menambahkan, jaminan kesehatan nasional merupakan satu dari beberapa program prioritas pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Targetnya, hingga akhir tahun ini, 261 juta penduduk Indonesia sudah memiliki jaminan kesehatan.

Ia mengakui ada problem untuk mewujudkan target tersebut. Meski demikian Tjahjo yakin masalah tersebut bisa diatasi.

"Kami sudah punya data, 261 juta (penduduk), NIK-nya semua ada, yang belum tadi 70 juta akan kami percepat, mudah-mudahan tahun ini selesai. Target pak Jokowi sebenarnya awal tahun, tapi karena ada problem data mudah-mudahan selesai," kata Tjahjo.


Print this page

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal, dan sumber

80 Juta Penduduk Belum Gabung BPJS Kesehatan, Mendagri Akui Ada Problem

http://jkn.jamsosindonesia.com/blog/detail/2250/80-juta-penduduk-belum-gabung-bpjs-kesehatan--mendagri-akui-ada-problem

Copyright © 2019 Jamkesindonesia.