pusat informasi jaminan kesehatan indonesia
Username dan password tidak cocok
Email sudah terdaftar
* Untuk User Dokter
** Untuk User Faskes
*** Untuk User Peneliti

Anda tidak berhak masuk ke subforum ini

BERITA

BPJS Kesehatan Sosialisasikan Jaminan Kesehatan di 9 Universitas

19 September 2017 | comment(0)

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna meningkatkan jumlah kepesertaan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan melaksanakan sosialisasi terkait program jaminan kesehatan di beberapa Universitas.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari mengatakan, program sosialisasi tersebut bersama BPJS Kesehatan Goes to Campus yang akan dilakukan pada 9 Univesitas Negeri.

"Menyosialisasi dan edukasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), kenapa mahasiswa, karena mahasiswa adalah kelompok orang yang educated, dan kami akan selenggarakan di sembilan universitas," ujar Andayani saat konfrensi pers di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Cempaka Putih, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Adapun program tersebut akan dilaksanakan pada Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Padjajaran, Universitas Diponogoro, Universitas Sriwijaya, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Bandung.

Andayani menambahkan, kegiatan tersebut ditargetkan kepada mahasiswa karena periode usia remaja merupakan masa yang paling rentan dan memiliki risiko yang cukup besar terpengaruh lingkungan.

"Faktanya, penyakit katastropik seperti stroke, gagal ginjal, penyakit jantung, hipertensi, dan sebagainya, tidak hanya terjadi pada orang dewasa, melainkan juga pada anak-anak dan remaja akibat kurang olahraga dan pola makan tidak sehat yang menyebabkan obesitas," jelasnya.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan, total biaya penyakit katastropik pada rentang waktu 2014 hingga 2016 mencapai Rp 36,3 triliun atau 28 persen dari total biaya pelayanan kesehatan rujukan.

"Peringkat biaya teratas diduduki oleh hipertensi dengan jumlah biaya Rp 12,1 triliun, disusul dengan diabetes mellitus sebesar Rp 9,2 triliun, penyakit jantung koroner sebesar Rp 7,9 triliun, dan gagal ginjal kronis sebesar Rp 6,8 triliun,” ungkapnya.

Dengan demikian, pihaknya menargetkan akan mampu menjaring 2 juta peserta baru dari kalangan akademisi maupun mahasiswa untuk meningkatkan jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan.

Hingga 15 September 2017, peserta JKN-KIS telah mencapai 181.701.561 jiwa. Sementara dalam hal pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 21.109 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 5.568 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).


Print this page

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal, dan sumber

BPJS Kesehatan Sosialisasikan Jaminan Kesehatan di 9 Universitas

http://jkn.jamsosindonesia.com/blog/detail/2290/bpjs-kesehatan-sosialisasikan-jaminan-kesehatan-di-9-universitas

Copyright © 2019 Jamkesindonesia.