pusat informasi jaminan kesehatan indonesia
Username dan password tidak cocok
Email sudah terdaftar
* Untuk User Dokter
** Untuk User Faskes
*** Untuk User Peneliti

Anda tidak berhak masuk ke subforum ini

BERITA

Begini Prosedur Perpindahan Klaim Biaya Pengobatan Kecelakaan Kerja dari BPJS Kesehatan ke BPJS TK

03 October 2017 | comment(0)

WARTA KOTA, MAMPANG-- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Jakarta Mampang berkomitmen melanjutkan sinergi positif yang terjalin antara BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Mampang, Tonny Tanamal, menyampaikan, bentuk komitmen peningkatan sinergi ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi kepada para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang berlangsung di Hotel Amaris Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (3/10).

Kegiatan tersebut, menurutnya, sebagai tindak lanjut dari telah ditandatanganinya kesepakatan antara BPJS Ketenagakerjaandan BPJS Kesehatan untuk menjalin koordinasi dan kerja sama secara terpadu, sesuai kewenangan masing-masing dalam hal penanganan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja (KK) dan penyakit akibat kecelakaan kerja (PAK).

"Kegiatan ini sekaligus dilaksanakan bersamaan dengan evaluasi fasilitas kesehatan trauma center yang menjadi mitra kerja BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Mampang," kata Tonny di sela-sela kegiatan sosialisasi.

Tonny menambahkan, tujuan utama kegiatan itu ialah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai sinergi koordinasi pelayanan yang telah berlangsung antara BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan dalam rangka meningkatkan pelayanan fasilitas kepada seluruh peserta jaminan sosial khususnya peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dia melanjutkan, terjalinnya kerjasama ini lebih merupakan bentuk antisipasi tidak terjaminnya perawatan dan pengobatan peserta yang mengalami dugaan KK atau Penyakit Akibat Kerja (PAK).

"Kami berharap hal ini bisa memastikan pemberian layanan kepada peserta, agar tidak menambah beban mereka yang terkena musibah," Tonny menambahkan.

Tonny juga memaparkan, ruang lingkup perjanjian kerjasama tersebut meliputi pelaksanaan sinergi pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan PAK bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan, pengajuan penggantian klaim program KK atau PAK, peningkatan perluasan fasilitas kesehatan, pelaksanaan sosialisasi dan evaluasi bersama terkait jaminan KK/PAK dan kerja sama lain yang disepakati oleh BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

"Adapun pengaturan mekanisme koordinasi penjaminan pelayanan yakni pasien yang dirawat dengan penjamin awal BPJS Kesehatan, apabila dipastikan termasuk KK pada saat masih dirawat, maka penjaminan BPJS Kesehatan dibatalkan dan dialihkan ke BPJS Ketenagakerjaan," terangnya.

Begitu pula, katanya, apabila dipastikan termasuk KK setelah pasien pulang, tagihan diajukan kepada BPJS Kesehatan yang akan mengajukan klaim kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Selain semakin luasnya cakupan jaminan terhadap korban kecelakaan kerja, tutur Tonny, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan fasilitas RSTC manakala peserta yang mengalami kerja akan mendapatkan perawatan di Rumah Sakit yang bekerjasama tanpa batasan plafon sesuai indikasi medis.

Peserta, tambahnya, juga berhak mendapatkan manfaat berupa uang tunai apabila cacat total tetap atau meninggal dunia.

"Di samping itu, BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki program JKK return to work yang diberikan kepada peserta yang menyandang disabilitas akibat kecelakaan kerja agar sedini mungkin dapat kembali bekerja," tuturnya.

Manfaatnya, meliputi rehabilitasi psikologi dan sosial, pelatihan kerja, penilaian lingkungan dan penempatan peserta kerja kembali.

Untuk pembayaran kasus jaminan KK sepanjang Januari hingga September 2017, Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Mampang mencapai Rp. 1.803.681.592 dengan total 57 kasus. Perinciannya ialah untuk perawatan dan pengobatan melalui trauma center mencapai Rp. 400.052.270 dengan total 20 kasus.

Sedangkan untuk non-trauma center mencapai Rp. 182.326.065,86 dengan total sebanyak 29 kasus dan pembayaran santunan sebesar Rp. 1.221.303.256.


Print this page

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal, dan sumber

Begini Prosedur Perpindahan Klaim Biaya Pengobatan Kecelakaan Kerja dari BPJS Kesehatan ke BPJS TK

http://jkn.jamsosindonesia.com/blog/detail/2320/begini-prosedur-perpindahan-klaim-biaya-pengobatan-kecelakaan-kerja-dari-bpjs-kesehatan-ke-bpjs-tk

Copyright © 2019 Jamkesindonesia.