pusat informasi jaminan kesehatan indonesia
Username dan password tidak cocok
Email sudah terdaftar
* Untuk User Dokter
** Untuk User Faskes
*** Untuk User Peneliti

Anda tidak berhak masuk ke subforum ini

BERITA

BPJS Kesehatan Sasar Calon Peserta JKN secara Aktif

24 October 2017 | comment(0)

JAKARTA, KOMPAS - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan akan menyasar secara aktif penduduk yang belum menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat untuk mendaftar sebagai peserta. Harapannya, target cakupan kepesertaan tercapai.

Demikian disampaikan Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris, Senin (23/10), dalam curah pendapat di kantor Redaksi Kompas di Jakarta.

Fachmi mengatakan, berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Indonesia saat ini sebanyak 261 juta di dalam negeri dan 3 juta jiwa yang tinggal di luar negeri. Namun, hingga kini, jumlah peserta JKN-KIS baru 182 juta. Jika mengacu pada data tersebut, untuk mencapai cakupan kepesertaan semesta, masih ada sekitar 79 juta penduduk yang belum menjadi peserta JKN-KIS.

“Kami akan kirimkan surat ke rumah-rumah, datangi ke rumah. Kalau belum juga mendaftar, kami pakai instrumen regulasi bahwa ini (JKN-KIS) adalah program wajib,” kata Fachmi.

Fachmi yakin dengan cara proaktif itu target kepesertaan akan tercapai. Ia juga mengingatkan, mereka yang tidak mendaftar JKN-KIS akan mendapat sanksi berupa tidak mendapat pelayanan publik tertentu.

Sesuai dengan peta jalan JKN-KIS, cakupan kepesertaan jaminan kesehatan semesta (universal health coverage/UHC) untuk penduduk Indonesia ditargetkan tercapai pada 1 Januari 2019. Masih ada waktu 14 bulan tersisa menuju tenggat tersebut.

Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Maya Amiarny Rusady menuturkan, BPJS Kesehatan berkewajiban memberikan layanan kesehatan berkualitas sesuai yang dijanjikan dalam daftar manfaat untuk peserta JKN-KIS. Untuk itu, fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan pun diseleksi.

“Kami ingin lebih banyak lagi fasilitas kesehatan yang bekerja sama agar UHC tercapai. Untuk itu, diterapkanlah seleksi berdasarkan syarat tertentu (credentialing) agar layanan yang diberikan kepada peserta berkualitas.


Print this page

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal, dan sumber

BPJS Kesehatan Sasar Calon Peserta JKN secara Aktif

http://jkn.jamsosindonesia.com/blog/detail/2390/bpjs-kesehatan-sasar-calon-peserta-jkn-secara-aktif

Copyright © 2018 Jamkesindonesia.