pusat informasi jaminan kesehatan indonesia
Username dan password tidak cocok
Email sudah terdaftar
* Untuk User Dokter
** Untuk User Faskes
*** Untuk User Peneliti

Anda tidak berhak masuk ke subforum ini

BERITA

PEMBAYARAN IURAN JAMKESNAS : BPJS Kesehatan Perluas Akses

23 November 2017 | comment(0)

JAKARTA — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS Kesehatan gencar memperluas akses pembayaran iuran dengan menjalin sinergi dengan sejumlah stakeholder.

Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso mengatakan, defisit yang dialami BPJS Kesehatan disebabkan iuran yang dikenakan belum sesuai dengan perhitungan aktuaris. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan untuk menutup defisit adalah dengan mengoptimalkan kolektibilitas iuran.

“Iuran digalakkan supaya penerimaan tetap baik. Kerja sama dengan perbankan dibuka, pembayaran lewat atm, lewat fintech dan lainnya,” ujar Kemal di Jakarta, Rabu (22/11).

Salah satu langkah BPJS Kesehatan untuk menggenjot peningkatan kolektabilitas iuran peserta yakni dengan menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) untuk mengembangkan Program Tabungan Sehat.

Melalui program tersebut, pihaknya berharap dapat mengurangi jumlah tunggakan iuran yang cukup besar. Sampai saat ini, kata Kemal, jumlah peserta yang menunggak iuran masih mencapai 10 juta peserta. Mayoritas penunggak iuran berasal dari segmen peserta bukan penerima upah (PBPU).

Kemal menilai, Program Tabungan Sehat tersebut memungkinkan peserta untuk melunasi tunggakan iuran dengan cara mengangsur melalui tabungan.

“Peserta dapat menabung sejumlah iuran yang tertunggak. Setelah iuran sesuai dengan jumlah tunggakan, secara otomatis BNI akan membayarkan,” ujar Kemal.

Selain Tabungan Sehat, BPJS Kesehatan juga meningkatkan akses pembayaran iuran melalui mekanisme Payment Point Online Banking (PPOB) yang bekerjasama dengan GO-JEK Indonesia, CT Corp, OVO dan OY Indonesia. Kerja sama tersebut juga mencakup pengembangan layanan perluasan kepesertaan dengan skema pendaftaran dan pemberian manfaat tambahan bagi peserta BPJS Kesehatan.

“Saat ini jumlah titik pembayaran iuran JKN-KIS telah mencapai lebih dari 600.000 titik. Dengan berbagai kemudahan ini, kami berharap animo peserta JKN-KIS di berbagai daerah untuk membayar iuran tepat waktu dapat meningkat, sehingga sustainibilitas program JKN-KIS terus terjaga.”

Ke depannya, lanjutnya, BPJS Kesehatan akan terus memperluas kanal pembayaran dan mengembangkan berbagai strategi yang memudahankan peserta. Beberapa cara yang sudah dilakukan hingga saat ini yakni implementasi kader JKN dan perluasan kerjasama dengan bank swasta dan bank pemerintah daerah (BPD). Pihaknya juga memperluas channel PPOB hingga mencapai lebih dari 600.000 titik layanan, yang terdiri atas gerai modern, gerai traditional dan perbankan, serta pembayaran melalui vending machine, e-commerce, dan aplikasi mobile. (Denis R. Meilanova)


Print this page

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal, dan sumber

PEMBAYARAN IURAN JAMKESNAS : BPJS Kesehatan Perluas Akses

http://jkn.jamsosindonesia.com/blog/detail/2446/pembayaran-iuran-jamkesnas---bpjs-kesehatan-perluas-akses

Copyright © 2018 Jamkesindonesia.