pusat informasi jaminan kesehatan indonesia
Username dan password tidak cocok
Email sudah terdaftar
* Untuk User Dokter
** Untuk User Faskes
*** Untuk User Peneliti

Anda tidak berhak masuk ke subforum ini

Jamkesda

Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) adalah sistem jaminan kesehatan yang bersifat sosial, yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah. (UU Nomor 32 tahun 2004)

Pemerintah daerah memiliki hak, wewenang, dan kewajiban untuk mengatur urusan pemerintahan dibidang kesehatan dalam rangka melindungi, melayani, memberdayakan, dan menyejahterakan masyarakat. (PP No 38 tahun 2007)

Mayoritas Jamkesda mulai diselenggarakan pada 2009/2010 seiring dengan implementasi Pilkada langsung oleh rakyat.

Jamkesda telah dikembangkan di kabupaten/kota dan propinsi dengan model yang bervariasi. Variasi yang terjadi meliputi aspek badan pengelola, paket manfaat, manajemen kepesertaan, pembiayaan, dan iuran.

Apakah program Jamkesda masih ada di era JKN ini?

Masih ada. Namun, pemerintah mulai 1 Januari 2014 mengupayakan agar program Jamkesda dapat terintegrasi dengan JKN. Amanat ini sesuai dengan UU SJSN untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan secara nasional yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan. Pengintegrasian ini juga untuk mencegah tumpang tindih wewenang tanggung jawab pemerintah pusat, daerah, dan BPJS Kesehatan.

Sumber:

  • UU No 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional
  • UU No 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah
  • PP no 38 tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota

Print this page

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal, dan sumber

TOPIK > Jamkesda

http://jkn.jamsosindonesia.com/topik/detail/jamkesda

Copyright © 2017 Jamkesindonesia.