pusat informasi jaminan kesehatan indonesia
Username dan password tidak cocok
Email sudah terdaftar
* Untuk User Dokter
** Untuk User Faskes
*** Untuk User Peneliti

Anda tidak berhak masuk ke subforum ini

Kubus 3 Dimensi Universal Health Coverage

Sumber: WHO, The World Health Report. Health System Financing: The Path to Universal Coverage, WHO, 2010, p.12

 

Kubus 3 Dimensi UHC pertama kali diperkenalkan melalui peluncuran World Health Report 2010 yang bertemakan “Sistem Pendanaan Kesehatan Menuju UHC”. Tiga dimensi Universal Health Coverage secara umum digambarkan sebagai sebuah kubus.

Dimensi 1 (Breadth): Cakupan Penduduk

Sumbu pertama mewakili seberapa besar penduduk yang mendapatkan akses terhadap pelayanan kesehatan yang berkeadilan. Setiap penduduk mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai kebutuhan medis.

Dimensi 2 (Depth): Cakupan Pelayanan

Sumbu kedua menggambarkan seberapa lengkap manfaat pelayanan kesehatan berkualitas yang diperoleh penduduk sesuai dengan kebutuhan medisnya. Sumbu ini berhubungan dengan akses terhadap pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan, dan ketersediaan fasilitas kesehatan.

Dimensi 3 (Height): Cakupan Proteksi Finansial

Sumbu ketiga (vertikal) merupakan seberapa besar proteksi finansial yang diperoleh penduduk, yang diukur dengan proporsi biaya kesehatan yang dibayar sendiri oleh rumah tangga (out of pocket). Dimensi ketiga ini mencakup perlindungan terhadap risiko  finansial dengan memastikan biaya yang digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tidak menempatkan individu dan keluarga pada risiko kesulitan finansial.

 

Referensi:

1Boerma, Ties, et al. "Monitoring progress towards universal health coverage at country and global levels." PLoS medicine11.9 (2014): e1001731.


 

 


Print this page

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal, dan sumber

TOPIK > Kubus 3 Dimensi Universal Health Coverage

http://jkn.jamsosindonesia.com/topik/detail/kubus-3-dimensi-universal-health-coverage

Copyright © 2019 Jamkesindonesia.